Senin, 11 Januari 2016

Menilik Budaya Tradisional di Compang Ruteng


Compang adalah inti dari upacara tradisional Penti yang merupakan upacara tradisional masyarakat Manggarai. Compang merupakan altar batu yang dapat ditemukan di halaman rumah tradisional. Tujuan dari diadakannya upacara tersebut adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas panen yang melimpah. Sapi dan kerbau diikat pada compang ini, lalu disembelih sebagai korban.



Compang Ruteng berlokasi di pusat desa Pu’u Ruteng, kecamatan Golo Dukal, kabupaten Manggarai Flores. Batu compang dan lahan di sekitar batu tersebut posisinya lebih tinggi dari rumah penduduk lokal. Dahulu, sebuah beringin atau dikenal dengan nama Ruteng tumbuh di tengah compang tersebut namun sekarang sudah tidak ada lagi digantikan oleh pohon dadap. Terdapat dua rumah tradisional yang menjulang tinggi dan atap melengkung di sebelah timur.


Kegiatan

Anda dapat melihat-lihat rumah adat yang disebut Rumah Gendang. Di dalamnya, anda dapat menikmati struktrur, interior kayu, serta peralatan seperti drum kecil, gong, dan perisai yang digunakan untuk tarian-tarian tradisional. Saat pertama kali memasukinya, Anda akan disambut layaknya tamu resmi, lengkap dengan upacara ritual. Bahasa lokal yang digunakan adalah Bahasa Manggarai dan penduduk ada pula yang bisa berbahasa Indonesia.
Berkeliling

Anda dapat menaiki bemo atau taksi motor dari pusat kota untuk mencapai Compang Ruteng. Kemudian, Anda harus berjalan kaki menuju lokasi Compang Ruteng. Batu Compang tersebut luasnya setengah lapangan sepak bola.
Berbelanja

Anda ingin mencari souvenir lokal? Sayangnya, tidak ada toko souvenir di Compang Ruteng. Jika Anda ingin membeli souvenir, temukanlah barang-barang menarik di pusat perbelanjaan di Ruteng. Tersedia kain tenunan songket khas Manggarai dan daerah lain Flores. Jika anda berminat membeli barang-barang seperti belati panjang, dapat anda mencarinya di toko dekat lapangan Motang Rua.
Wisata Kuliner

Hotel serta penginapan di Ruteng umumnya memiliki restoran. Namun, jika ingin mencoba restoran lain, cobalah restoran yang menyediakan menu masakan Indonesia dan China atau bar yang menyediakan espresso dan masakan barat di pusat kota.
Transportasi

Dari kota Ruteng, letak Compang Ruteng adalah sejauh 3 kilometer di Kabupaten Manggarai sebelah barat Pulau Flores. Anda dapat menempuh perjalanan darat dari Labuan Bajo ke Ruteng, kemudian ke Ende dan Maumere. Setiap hari ada penerbangan dari Kupang (Pulau Timor) ke Maumere dan Ende. Sedangkan yang menuju Ruteng hanya ada dua kali seminggu. Ada pula penerbangan dari Denpasar ke Labuan Bajo setiap hari. Untuk jalur laut, ada perahu motor yang dapat membawa anda ke Flores dari Pulau Sape si pantai timur Sumbwa, NTT.
Akomodasi

Ruteng memiliki hotel-hotel yang berarsitektur kayu, lengkap dengan restorannya. Hotel-hotel ini berada di seputaran pusat kota sehingga memungkinka anda untuk melihat-lihat dan menjelajahi daerah lain di sekitannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar