Selasa, 05 Januari 2016

Kesenian di Budaya Batak Toba yang Paling Dikenal

Kesenian di Budaya Batak Toba yang Paling Dikenal

Batak adalah salah satu suku bangsa di negeri kita Indonesia yang menunjukan bahwa beberapa susku bangsa ini bermukim serta berasal dari Tapanuli juga Sumatera Timur, di wilayah Sumatera Utara. Batak ini juga terbagi menjadi beberapa kategori lagi, salah satu yang akan saya bahas kali ini adalah Batak Toba.
Suku Batak Toba ini meliputi daerah Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, dan sebagian daerah Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Dairi, Kota Sibolga, dan daerah lain di sekitarnya.
Sejarah dan budaya yang terlahir di budaya Batak Toba ini menjadi daya tarik tersendiri para wisatawan untuk mengunjungi beberapa situs bersejarah selain danau indah yang terkenal Danau Toba. Apa saja hal nilai seni dan budaya suku Batak Toba yang dapat menjadi daya tarik tersebut ?

Kesenian di Budaya Batak Toba

seni dalam budaya batak toba
Seni Musik

Ada 2 jenis ansambel musik yang paling dikenal serta sering dimainkan dalam suku Batak Toba ini yaitu gondang hasapi dan gondang sabangun. Alat musik tersebut diyakini sebagai kepunyaan Mulajadi Nabolon yangsaat dimainkannya bertujuan untuk menyampaikan harapan dan permohonan kepada Sang Dewa yang mereka percaya.
Seni Tari
Salah satu jenis kesenian yang paling dikenal dalam budaya suku Batak Toba adalah Tari Tortor. Tari Tortor ini kebanyakan dilakukan dalam beberapa upacara ritual ataupun adat, misalnya pernikahan, tujuannya adalah sebagai bentuk syukur kepada dewa pencipta alam semesta yang mereka percaya, Mulajadi Nabolon.
Seni Rupa
Seni rupa atau keterampilan utama suku batak toba adalah seni pahat dan seni patung dengan bukti pada beberapa ukiran dengan ornamen berupa rumah adat suku batak sendiri serta peralatan tradisional yang mereka gunakan seperti hujur (panah), parpagaran, sior, losung gaja, serta salah satu alat yang berfungsi untuk memanggil hal-hal yang gaib (sigale-gale).

Seni Kerajinan
Masyarakat batak toba memiliki keahlian dalam membuat kain ulos menggunakan alat tenun tradisional yang sampai sekarang masih bisa kita dapatkan di beberapa daerah pedalaman Pulau Samosir serta daerah lain di sekitaran Danau Toba.
Seni Sastra
Berbagai cerita, salah satunya asal usul Danau Toba serta Batu Gantung menjadi legenda yang sampai sekarang masih dapat kita dengar dan simak. Umpasa atau pantun-pantun yang terkenal di Batak Toba inipun menjadi salah satu seni sastra yang tak akan pernah hilang karena memiliki makna yang dalam bagi suku Batak Toba ini.
Beragam Informasi mengenai Suku Batak Toba ini rasanya menjadi salah satu dorongan tersendiri untuk bisa langsung berkunjung ke beberapa daerah yang masuk dalam suku Batak Toba ini, selain kita bisa menikmati keindahan megahnya Dana Toba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar