Selasa, 01 Maret 2016

Asal usul dan adat ritual tari rantak kudo

Foto tari rentak kudo
Foto tari rentak kudo
Tari rantak kudo berasal dari daerah – Tari Rentak Kudo (Rentak Kuda) adalah tari tradisional kerakyatan dari daerah Kerinci, tepatnya berasal dari daerah Hamparan Rawang sejak tahun 1970. Tari ini juga termasuk jenis tari pergaulan tidak memandang kedudukan maupun strata sosial. Tari ini dilakukan oleh masyarakat Kerinci awalnya sebagai hiburan pada acara pesta pernikahan, namun  saat ini berkembang sebagai tari di berbagai acara seperti acara-acara kenduri adat atau yang lainnya.
Komposisi tari rantak kudo
Komposisi dari Tari Rantak Kudo dimainkan dengan diiringi alat musik gendang dan di iringi oleh nyayian yang berisi pantun-pantun, hal ini berbeda dengan Tari Rantak dari Minangkabau yang hanya diiringi instrumen musik. Para penari terdiri dari pria dan wanita yang menari dengan gerakan yang khas, yaitu kombinasi dari gerakan silat “langkah tigo” (“Langkah Tiga”) dan tari. Biasanya tarian ini juga dipentaskan dengan pembakaran kemenyan tradisional upacara ritual yang membuat penari semakin khidmat dalam geraknya, bahkan kadang-kadang ada di antara penari yang mengalami kesurupan.
Di Indonesia saat ini, tarian ini biasanya dipentaskan dalam acara-acara adat dan acara resepsi pernikahan adat Kerinci. Salah satu lirik lagu di dalam pantun yang bersahut-sahutan adalah : “Tigeo dili, empoak tanoh rawoa. Tigeo mudik, empoak tanoh rawoa” (Bahasa Indonesia: “Tiga di Hilir, Empat dengan Tanah Rawang. Tiga di Mudik, Empat dengan Tanah Rawang”). Lirik tersebut menceritakan sebuah kisah pada zaman nenek moyang suku Kerinci dahulu kala, di kala pemerintahan para Depati (Adipati), Tanah Hamparan Rawang merupakan pusat pemerintahan, pusat kota dan kebudayaan di kala itu, yaitu dalam lingkup Depati 8 helai kain yang berpusat di Hiang (Depati Atur Bumi) dimana Tanah Hamparan Rawang merupakan tempat duduk bersama (pertemuan penting dalam adat Kerinci).
Gambar tari rantak kudo
Gambar tari rantak kudo
Unsur tarian rantak kudo dari kerinci
Gerak : Adapun gerak tarinya di ambil dari gerakan pencak silat seperti: langkah tigo, merayap dan berseling.
Musik : Alat musik yang digunakan adalah rebana besar, yang di iringi oleh vokalis yang sering disebut dengan pengasuh. Adapun syair yang dinyanyikan berupa pantun-pantun lagu, yang disesuaikan dengan acaranya. Musik pada tarian ini berupa musik yang berirama rentak gembira. Semua penari, penonton, pemusik dan pengasuh secara spontanitas ikut menari.
Kostum : Tarian ini tidak memiliki kostum yang telah ditentukan, kostum yang digunakan adalah kostum yang digunakan oleh penari, penonton, dan pemusik saat acara tersebut berlangsung. Biasanya setiap kelompok tari memiliki kostum yang ditentukan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar